Home Care Bandung

Pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hasil proyeksi dinasKependudukan menunukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia selama dua puluh lima tahunmendatang terus meningkat, yaitu dari 205,1 juta jiwa pada tahun 2000 menjadi 273,1 juta jiwaditahun 2025.


Salah satu ciri kependudukan Indonesia adalah persebaran penduduknya yang tidak merata.
Banyak dari penduduk Indonesia tinggal di wilayah pulau Jawa. Hal tersebut juga berpengaruh dengan tingkat perekonomian dan kesehatan penduduknya.
Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap
Manusia. hal ini tercermin dari banyaknya jumlah penderita yang datang ke pelayanan kesehatanuntuk mendapatkan pengobatan dan perawatan, mereka datang dari berbagai golongan yangberbeda, mulai dari golongan ekonomi kelas tingi hingga ekonomi kelas bawah. Sebagaimanapencanangan “ Gerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan” pada 1 Maret 1999 oleh presiden RI, yang salah satu strateginya adalah “Pembangunan Kesehatan Nasional Menuju
Indonesia Sehat Tahun 2010” dan diperkuat oleh perubahan amandemen UUD 1945, tap MPR No.3 th 2000 dan Tap MPR No. VI th 2002, membuktikan kuatnya kepedulian pemerintah akan arti pentingnya sebuah bangsa yang sehat.

Visi Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dengan misi membuat rakyat sehat. Guna mewujudkan visi dan misi tersebut berbagaiprogram kesehatan telah dikembangkan termasuk pelayanan kesehatan di rumah.

Dengan banyaknya pelayanan kesehatan saat ini menyebabkan berbagai pelayanan memberikanservice yang lebih memuaskan pelanggan, hal ini menyebabkan tingginya tarif rumah sakit yang tidak mampu ditanggung oleh masyarakat biasa.
Tingginya jumlah pasien yang masuk ke rumah sakit dan kurangnya perawatan yang diberikan pada rumah sakit menyebabkan LOS (leng of stay/lama tinggal di RS) menjadi semakin panjang sehingga banyak diantara penderita/keluarga
merasa keberatan dengan biaya yang harus dibayar untuk biaya perawatan. Hal ini terjadi hamperdisemua bangsal perawatan.

Menurut Depkes RI (2002) mendefinisikan bahwa home care adalah pelayanan kesehatan yangberkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu, keluarga, di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkankesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit.
Layanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien/keluarga yang direncanakan, dikoordinir,oleh pemberi layanan melalui staff yang diatur berdasarkan perjanjian bersama.

Salah satu tujuan dari pelayanan keperawatan professional adalah memberikan pelayanan keperawatan yang holistik (menyeluruh ) bio, psiko, sosio, dan kultural kepada pasien sesuai dengan kebutuhan dasarnya. Pelayanan yang bersifat holistik ini akan lebih lengkap dengan pemberian pelayanan keperawatan lanjutan di rumah atau lebih dikenal dengan istilah home health care.

Dari beberapa uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendirian dan pembangunan jasa pelayanan kesehatan berupa perawatan kunjungan (visiting nurse ) HOLISTIK Care mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan paripurnanya perawatan kesehatannya. Selain itu hal ini akan sangat menguntungkan masyarakat karena lebih efektif, efisien, dan terjamin karena
di kelola dan dijalankan oleh tenaga-renaga professional.


1.6 NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN

Nama : HOLISTIK Care

Alamat :        jl mayang hegar 16, Rt 02/05,
simpai asih cijambe ujung berung. Kel pasir endah

1.7 BIDANG USAHA

HOLISTIK Care merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan.
Secara khusus, peroyek ini melayani perawatan paripurna PRE/ POS hospitalisasi.

1.8 BENTUK PERUSAHAAN

Medika Home Care merupakan suatu perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas) yang dibentuk oleh :
Manager                   : Herman Kleden AMK
Manager kasus      : Kaleb Steven Bansole 
Bendahara              : David kleden
Development          : Asep

a. Jenis Pelayanan
HOLISTIK Home Care melayani jasa pelayanan kesehatan yang meliputi :

 Post hospital care
- Wound care (perawatan luka)
 Rehabilitation care ( pemulihan )
- Terapi fisik
 Specific medical condition ( kondisi medis tertentu )
- suction, nebulizer
- Private care
-Coma, Diabetes mellitus,
-gagal jantung, asma berat
 -Stroke
-Amputasi
- Ketergantungan obat
-  Luka kronis
- Educational program

2.2. ASPEK TEKNIS
a. Sifat Proyek
HOLISTIK care merupakan institusi swasta yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan berupa home care dengan menerima imbalan jasa secara langsung dari klien.
b. Jenis Usaha dan Kapasitas Pelayanan
Usaha HOLISTIK care ini bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan yang melayani wilayah provinsi jabar dan sekitarnya serta tidak menutup kemungkinan meluas di sekitar wilayah indonesia

2.3 Mekanisme pelayanan
1). Proses penerimaan kasus
 a. Holistik care menerima pasien dari rumah sakit, puskesmas, sarana lain, keluarga, dan pengisian form langsung via internet
b. Pimpinan home care menunjuk menejer kasus untuk mengelola kasus
c. Manajer kasus membuat proses pengelolaan kasus, nenyiapkan tenaga perawat, dan menentukan cost

2.4 Tarif Pelayanan
a. Gambaran sementara (ditentukan setelah observasi )

gambaran umum (bisa berubah)
·         Pelayanan kami 12- 24 jam
Upah pelayanan
·         12 jam Rp. 200.000.- (bila perawat stay drumah)
·         24 jam Rp. 400.000.- (bila perawat stay drumah)
@ ditambah ongkos sekali jalan Rp. 50.000.- bila bolak- balik
@ makanan perawat disediakan kel pasien selama bekerja
@ upah dibayar mingguan
@ tiap 2 hari, pergantian perawat (disesuaikan)
Pelayanan Fisik
·         Semua kategori terapi (sesuai kebutuhan pasien)
·         Tidak dibatasi berapa siklus tindakan( gerak fisik)


KESIMPULAN

Usaha pelayanan kesehatan berupa home care masih sangat sedikit dan belum banyak dikembangakan di Indonesia maupun di wilayah jawa barat pada khususnya. Banyak rumah sakit yang masih belum menyediakan pelayanan home care bagi para pasiennya. Di wilayah Bandung sendiri bahkan semua rumah sakitnya belum menyediakan pelayanan home care. Banyaknya pasien dengan kasus-kasus terminal yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya perawatan secara kontinyu di rumah sakit karena ketebatasan ruangan untuk menampung pasien membuat usaha HOLISTIK  Care layak untuk didirikan , terutama di wilayah Bandung Jawa Barat.